Selasa, 09 Juni 2015

Manfaat Shalat Sunat Dhuha

Diposting oleh Unknown



     Perlu kita ketahui bahwa shalat sunat dhuha adalah shalat sunat yang lilalukan pada waktu dhuha, tepatnya pada pagi hari. Allah SWT sengaja membukakan pintu pahalanya di pagi hari untuk siapa saja yang mau mecari keberkahan dalam hidupnya di pagi hari itu.         

  
  Sebagaimana shalat sunat lainnya, Shalat Dhuha dikerjakan dengan 2 rakaat 2 rakaat, artinya pada setiap 2 rakaat harus diakhiri dengan 1 kali salam.
Dari Zaid bin Arqam, bahwa ia melihat orang-orang mengerjakan shalat Dhuha [pada waktu yang belum begitu siang], maka ia berkata: “Ingatlah, sesungguhnya mereka telah mengetahui bahwa shalat Dhuha pada selain saat-saat seperti itu adalah lebih utama, karena sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Shalatnya orang-orang yang kembali kepada ALLAH adalah pada waktu anak-anak onta sudah bangun dari pembaringannya karena tersengat panasnya matahari”.
[HR. Muslim]

Jadi dari penjelasan diatas dapat disimpulkan waktu yg paling afdol untuk melaksanakan dhuha adalah Antara jam 07:00 s/d 11:00.

Keutamaan dari Shalat Dhuha
Dari Abu Dzar, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, beliau bersabda: “Pada pagi hari setiap tulang (persendian) dari kalian akan dihitung sebagai sedekah. Maka setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, memerintahkan kebaikan (amar ma’ruf) dan melarang dari berbuat munkar (nahi munkar) adalah sedekah. Semua itu cukup dengan dua rakaat yang dilaksanakan di waktu Dhuha.”
[HR. Muslim, Abu Dawud dan riwayat Bukhari dari Abu Hurairah]

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat dalam melaksanakan sholat dhuha, salah satunya adalah dapat mendatangkan rejeki.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Shalat Dhuha itu dapat mendatangkan rejeki dan menolak kefakiran. Dan tidak ada yang akan memelihara shalat Dhuha melainkan orang-orang yang bertaubat.”
[HR. Turmuzi dan Ibnu Majah, hadis hasan]

Itulah sedikit informasi mengenai Manfaat dari Shalat Sunat Dhuha. Alangkah baiknya setelah solat dhuha membaca Do’a Sesudah Shalat Sunat Dhuha (klik ajah). Mudah-mudahan itu semua dapat membantu anda untuk mengetahui manfaat dari solat sunat dhuha. Dan dapat menginspirasi ataupun memicu anda untuk lebih giat lagi dalam beribadah. Semoga bermanfaat. ;-)

0 komentar:

Ditunggu kririk dan sarannya, Makasih.. :-D